Header Ads

Gejala Aterosklerosis Dan Pengobatannya

Gejala Aterosklerosis Dan Pengobatannya  - Mengalami sesak pada dada dan kesulitan berbicara mungkin itu adalah salah satu gejala dari penyakit aterosklerosis. Untuk mengetahui lebih jelas tentang gejala dari penyakit aterosklerosis simak artikel dibawah ini.

Aterosklerosis merupakan salah satu kondisi  penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Penumpukan plak tersebut terjadi saat lapisan sel pada dinding dalam arteri yang bertugas menjaga kelancaran aliran darah mengalami kerusakan.

Plak tersebut dapat terbawa aliran darah hingga menyebabkan penyumbatan, atau membentuk bekuan darah pada permukaan plak. Hal tersebut menyebabkan peredaran darah dan oksigen dari arteri ke organ tubuh terhambat. Jika anda mempunyai masalah tentang aterosklerosis cobalah untuk menggunakan obat alternatif aterosklerosis yang aman dan tepat supaya untuk mencegah adanya komplikasi yang akan berbahaya pada tubuh.



 Gejala Aterosklerosis

Pada penyakit aterosklerosis biasanya tidak menimbulkan gejala, gejala akan terasa jika arteri sudah mengalami penyempitan dan penebalan yang begitu lama. Gejala yang ditimbulkan aterosklerosis sangat bervariasi dan biasanya yaitu akan menimbulkan :
  1. Nyeri didaerah dada.
    Salah satu tanda pertama aterosklerosis adalah timbulnya nyeri di bagian dada, Kondisi ini secara medis disebut juga sebagai angina pectoris yaitu mengerutnya otot jantung karena kurangnya pasokan oksigen (myocardial iscehmia). Rasa sakit yang timbul bisa amat hebat dan terutama terasa di daerah tulang dada, rasa nyeri mungkin juga menjalar ke bahu, punggung, lengan, leher, atau rahang.
  2. Sesak napas
    Aterosklerosis juga ditandai dengan sesak napas, sesak napas terjadi karena kebutuhan oksigen untuk jantung tidak bisa dipenuhi. Tingkat pernapasan juga akan naik sebagai usaha untuk menyediakan lebih banyak oksigen ke otot jantung.
  3. Aritmia
    Penyumbatan arteri koroner bisa memotong suplai darah ke jantung, hal ini menyebabkan berkurangnya fungsi otot-otot jantung dan jantung berpotensi mengalami aritmia atau detak jantung tidak teratur. Penyumbatan aliran darah ke jantung menyebabkan kerusakan total dari otot jantung dan memicu serangan jantung.
  4. Lemah dan lelah
    Akibat dari kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh, terutama di otak, dapat membuat seseorang merasa lemah dan cepat lelah. Kepala pusing juga merupakan gejala awal dari aterosklerosis.
  5. Mual dan berkeringat
    Mual dan berkeringat banyak diamati pada orang yang mengalami penyakit arteri koroner. 
Jika anda mempunyai gejala yang sama seperti diatas, segera konsultasikan pada pihak medis agar anda mengetahui penanganan yang tepat.


Tidak ada komentar